Rabu, 06 Maret 2013

DOA-DOA YANG MA'TSUR KETIKA DITIMPA KESULITAN/BENCANA

Ada beberapa doa yg shahih jk ditimpa bencana atau takut ditimpa bencana diantaranya sbb (jk mendapatkan doa2 lain hendaklah periksa/tanya hadits2nya sampai nomor pada haditsnya, agar kita tdk menggampangkan dalam meriwayatkan doa dan senantiasa berpegang kepada doa yg ma'tsur) :


لاَ إِلهَ إِلاَّاللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ . لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ رَبُّ الْعَرْشِ اْلعَظِيْمِ . لاَإِلهَ إِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ

"Tiada ILAH selain ALLAH Yang Maha Agung lagi Maha Lembut. Tiada ILAH selain ALLAH Pemilik 'Arsy yg Agung. Tiada ILAH selain ALLAH Pemilik Langit dan Bumi dan Pemilik 'Arsy yg Mulia." (HR Bukhari, dlm Fathul Bari' XI/145; dan Muslim, dlm Syarh Shahih Muslim XVII/43)

ُسْبحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

"Maha Suci ENGKAU, sesungguhnya aku termasuk orang2 yg zhalim (QS al-Anbiya : 87)." (HR Tirmidzi no. 3572; Ahmad I/170; al-Hakim I/505 dan ia men-shahih-kannya dan disepakati oleh adz-Dzahabi)

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

"Wahai Yang Maha Hidup Lagi Berdiri Sendiri, aku memohon pertolongan dengan rahmat-MU." (HR Tirmidzi dlm at-Tuhfah, no. 3593; dan Ibnu Sunni, no. 339; hadits ini di-dha'ifkan oleh Tirmidzi karena dlm sanadnya terdapat Yazid ar-Raqqasy, tapi ia mendapat syahid dari hadits lain yg diriwayatkan Ibnu Mas'ud ra dlm al-Hakim I/509 sehingga derajatnya menjadi hasan li-ghairihi).

Demikian nafa’ani wa iyyakum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar