Rabu, 20 Maret 2013

khasiat surah yasin

Surat Yasin adalah kolbu dari al Quran, berikut hadistnya:

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad Ibn Said, telah mengabarkan kepada kami Humaid Ibn Abdurrahman, dari Al-Hasan Ibn Shalih, dari Harun Abi Muhammad, dari Muqatil Ibn Hayyan, dari Qatadah, dari Anas, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu mempunyai hati, sedangkan hatinya Al-Quran adalah surat Yasin. Barangsiapa membacanya maka seakan-akan ia membaca Al-Quran sepuluh kali.”

قال الدارمى حَدَّثَناَ مُحَمَّدُ بْنُ سَعِيْدٍ أَخْبَرَناَ حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنِ الْحَسَنِ بْنِ صَالِحٍ عَنْ هَارُوْنَ أَبِيْ مُحَمَّدٍ عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَياَّنَ عَنْ قَتاَدَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْباً , وَإِنَّ قَلْبَ اْلقُرْآنِ يس , مَنْ قَرَأَهاَ فَكَأَنمَّاَ قَرَأَ اْلقُرْآنَ عَشْرَ مَرَّاتٍ . [3]

Surat Yasin merupakan kolbunya Al Qur’an sehingga mempunyai fadhilah dan khasiat yang banyak,
diantaranya:

(1) Jika dibacakan pada orang yang sedang sekarat akan mati, dapat mempermudah dan mempercepat keluarnya ruh.
(2) Dengan membaca surat Yasin Allah menetapkan pahala seperti membaca Al Qur’an 10 kali.
(3) Dapat memberi syafaat bagi pembacanya , memberi ampunan pendengarnya, mendapatkan kebaikan di dunia, hilang ketakutan di hari kiamat, menolak kejahatan dan didatangkan segala hajatnya.
(4) Dapat meringankan siksa kubur.
(5) Jika di baca pada malam Jum’at maka mendapatkan ampunan.
(6) Dengan membaca surat Yasin dapat memperoleh kemudahan.
(7) Jika surat Yasin dibaca di tengah malam sebanyak 4 kali atau 35 kali secara rutin, maka khasiatnya dapat memperluas rezeki dan memperlancar datangnya rezeki. Begitu juga jika dibaca 41 kali, maka hajatnya dikabulkan oleh Allah.
(8) Aurad surat Yasin untuk mendatangkan berbagai hajat. Dalam kitab Sa’adatud Darain yang dikutip dari Minhajul hanif disebutkan, ada faaidah yang besar untuk mendatangkan berbagai hajat dengan aurad surat Yasin. Caranya dengan membaca surat Yasin 7 kali waktunya sesudah shalat subuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar